Sunday, March 18, 2012

Laporan Pandangan Mata : Semarak Muswil ke IV FLP Wilayah Lampung



 Ahad, 18 Maret 2012 bertempat di gedung C4 FKIP Unila rangkaian kegiatan Semarak Muswil ke IV Forum Lingkar Pena Wilayah Lampung digelar. Tepat pukul 09:00 wib, agenda pembukaan dimulai. Setelah agenda pembukaan usai ditunaikan, acara berlanjut ke stadium general dengan tema “Menciptakan Sense Belonging Terhadap FLP” yang disampaikan oleh mas Koko Nata sebagai pemateri perwakilan dari FLP Pusat. Dalam stadium general tersebut mas Koko menerangkan teori kebutuhan (Teori Humanistik) yang dicetuskan oleh Maslow. Teori kebutuhan ini kemudian dijelaskan relevansinya dengan kebutuhan seseorang untuk tertarik dan bergabung di FLP. Ada lima piramida Hierarki yang menjelaskan mengenai teori kebutuhan ini. Lima hierarki ini yaitu Kebutuhan dasar (Basic Need), kebutuhan perlindungan (Safety Need), rasa kepemilikan ( Sense of Belonging), penghargaan (reward), dan aktualisasi diri (self actualisation).  

Agenda stadium general diakhiri dengan tanya jawab oleh narasumber  yaitu mas Koko Nata dengan para FLPers. Pukul 11:05 wib, agenda stadium general telah berakhir dan dilanjutkan dengan agenda on the spot writing. Dalam on the spot writing yang dipandu oleh mas Koko Nata, seluruh FLPers yang hadir disajikan video berdurasi singkat.  Seluruh FLPers menyimak dengan ta’dzim setiap slide yang dimunculkan. Setelah usai menyimak, FLPers diberikan waktu selama 30 menit untuk menterjemahkan isi video yang ditonton tadi ke dalam tulisan. Pukul 12:35 wib seluruh FLPers sudah tidak diperkenankan lagi untuk menulis. :)
 
Dua agenda telah tertunai. Setelah on the spot writing usai, agenda dilanjutkan dengan pembacaan dan pembahasan tatib oleh pemimpin sidang sementara yaitu Muhammad Rudi yang ditunjuk oleh panitia muswil. Pembahasan hanya berlangsung singkat sekitar 15 menit. Selanjutnya dilakukan pemilihan ketua sidang musyawarah tetap beserta sekretarisnya oleh forum musyawarah. Terpilihlah  Eko sebagai ketua sidang tetap dan Tri Lego Indah sebagai sekretarisnya. Karena waktu menjelang dhuhur maka agenda dipending 2x15 menit untuk pelaksanaan ISHOMA. 

Pukul 13:00 wib, pending telah dicabut dan sidang dibuka kembali. Agenda sidang dilanjutkan dengan pembacaan ADART, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban oleh jajaran presidium dan pengurus FLP Wilayah Lampung masa bakti 2009-2011.  Berbagai tanggapan, evaluasi dan rekomendasi diberikan oleh para peserta sidang kepada seluruh jajaran pengurus. Hingga saat penilaian dengan asas musyawarah bersama, peserta sidang memutuskan untuk memberikan penilaian bahwa LPJ diterima dengan bersyarat. Para jajaran pengurus berkewajiban untuk memperbaiki laporan pertanggung jawaban dengan batas waktu satu bulan dari pelaksanaan muswil hari ini. Agenda LPJ usai dan dilanjutkan ke agenda selanjutnya yaitu pemilihan ketua FLP Wilayah Lampung masa bakti 2012-2014. Dengan mengacu pada ADART pasal 52 mengenai syarat-syarat Ketua FLP Wilayah dan pasal 12 ayat ke 3 point ke b tentang jenjang keanggotaan Madya, maka keputusan musyawarah menawarkan 3 bakal calon yang diajukan sebagai calon ketua FLP Wilayah Lampung masa bakti 2012-2014. Tertulislah nama Sri Rahayu (Naqiyah Syam), Lilih Muflihah dan Tri Sujarwo. 

Pemilihan dan penentuan ketua terpilihpun masih dilakukan dengan mekanisme musyawarah dan mufakat. Para peserta sidang berembug dan mengutarakan pandangannya terhadap ke tiga bakal calon yang ada. Sementara ketiga kandidat calon ketua pun juga melaksanakan musyawarah tersendiri. Dari hasil keputusan dan mufakat bersama, baik keputusan yang diambil oleh ketiga bakal calon dengan pertimbangan dan evaluasi yang sangat matang dari ketiga bakal calon, maka dari pihak calon-calon ketua ini menyepakati untuk menunjuk mbak Sri Rahayu sebagai ketua FLP Wilayah Lampung. Gayung bersambut, keputusan para bakal calon inipun sudah senada dengan keputusan musyawarah para peserta sidang. Tepat pukul 16:16 wib, lahirlah Surat Keputusan pemberhentian Lilih Muflihah selaku Pjs. FLP Wilayah Lampung masa bakti 2011 dan pukul 16:20 terbitlah SK Pengangkatan Naqiyyah Syam sebagai Ketua FLP Wilayah Lampung Terpilih masa bakti 2012-2014 dengan ditandatangani oleh presidium musyawarah. Setelah SK pengangkatan ketua FLP Wilayah Lampung terpilih, maka mbak Naqiyyah Syam menyampaikan Orasi Singkat selama kurang lebih sepuluh menit. 

Agenda musyawarah telah usai maka dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah 3 peserta terbaik dalam on the spot writing oleh mas Koko Nata. Terpilihlah Silvana Maya Pratiwi, Tri Lego Indah dan Muhammad Rudi sebagai pemenang utama yang mendapatkan masing-masing 4 eksemplar buku dari nourabooks. Dan terpilih 3 pemenang selanjutnya yaitu mbak Lilih Muflihah, Thera Febrika dan (satunya lupa :D) yang masing-masing mendapatkan 1 eksemplar buku masih persembahan dari nourabooks. 


Usai pengumuman pemenang, tibalah pada agenda yang paling membuat peserta sidang penasaran. Tentu saja karena ini adalah kali pertama pelaksanaan book swap di FLP Lampung. Hasil dari adopsi book swap di milad FLP pada 26 Februari 2012 lalu di aula apung UI lalu, maka, agenda tukar kado yang biasanya dilakukan oleh FLP Lampung bertransformasi menjadi tukar buku. Agenda menjadi sangat seru dan benar-benar melelahkan. Tri Lego sebagai moderator book swap yang juga peserta book swap, tak dapat memperoleh buku yang diincarnya. Dan bahkan tak mendapat satu bukupun dari bookswap :( duuuh, kasian :D

Setelah bookswap agenda ditutup dengan do’a oleh pak Agus dan dilanjutkan dengan foto bersama. Pukul 17:00 seluruh agenda telah usai tertunai. 

Terima kasih untuk kehadiran segenap FLPers baik jajaran anggota, pengurus wilayah, perwakilan FLP Cabang, Balai Buku, perwakilan FLP Pusat terkhusus mas Koko Nata dan Nourabooks atas sumbangan buku-buku untuk doorprisenya :). Barokallahu mbak Naqiyyah Syam yang terpilih mengemban amanah FLP Wilayah Lampung untuk periode dua tahun ke depan. Semoga dengan dinahkodai beliau, FLP Wilayah Lampung bisa terus mengepakkan sayapnya untuk selalu berkarya, berbakti dan berarti. Memberikan pencerahan melalui tulisan. (Tri Lego)

2 comments:

  1. Insya Allah kapan-kapan, saya datang lagi dengan acara yang lebih semarak ^_^

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak setelah berkunjung yaa ...